Thursday, August 14, 2014

Bersih-bersih Yuk!!


Wuih, capek juga hari ini karena bersih-bersih apartment, mulai dari nyedot debu, ngepel, ngelap perabotan, dst. Tapi satu hal yang saya syukuri adalah: saya tidak bersih-bersih sendirian! Ada Jova yang menemani saya bersih-bersih.


Saya selalu libatkan Jova (3 tahun 3 bulan) ketika mengerjakan tugas rumah tangga (chores), tidak hanya untuk mengajarkan Jova keterampilah hidup tapi juga untuk menikmati kebersamaan. Dengan menyengaja saya selalu katakan beberapa kalimat berikut:


  • "Mama seneng deh bisa bersih-bersih ditemenin Jova; terima kasih ya udah bantuin Mama.."
  • "Mama beryukur sekali bisa jalan-jalan sama Jova; terima kasih ya udah temenin Mama.."


Biasanya Jova akan sumringah dan menjawab, "sama-sama Ma." Kemudian, di lain kesempatan saat kami melakukan hal lain, Jova tiba-tiba akan bertanya, "Mama seneng ya bisa sama Jova?" Dengan sigap saya akan menjawab, "tentu dong, mama selalu seneng kalau ditemenin Jova," sambil memberikan senyuman lebar, pelukan dan ciuman (tentu jika saya sedang tidak mengemudi).

Saya sengaja mengucapkan kalimat-kalimat di atas agar Jova mengerti kalau saya benar-benar menikmati kehadirannya dan menghargai setiap usahanya untuk membantu. Harapan saya, dari setiap aktivitas sederhana ini Jova akan selalu merasa dikasihi, meneruskan kebiasaan berterima kasih dan menghargai orang lain, melihat chores bukan sebagai beban melainkan sebagai sesuatu yang menyenangkan, serta memiliki memori yang indah tentang kebersamaan dengan mamanya.

I love you Jova, yuk kita bersih-bersih dan jalan-jalan lagi besok!

No comments:

Post a Comment