Saturday, October 18, 2014

Gratitude Journal

"When it comes to life the critical thing is whether you take things for granted or take them with gratitude."
~Gilbert K. Chesterton~



Satu hal berharga yang saya pelajari adalah dalam hidup saya selalu punya pilihan. Dalam setiap keadaan saya dapat memilih mengeluh atau bersyukur, dan saya ingin memilih untuk bersyukur.

Akhir-akhir ini saya melihat banyak sekali Gratitude Challenge yang dilakukan di media sosial. Biasanya dilakukan selama tujuh hari dan menuliskan setidaknya tiga hal yang disyukuri untuk hari itu. Kemudian saya berpikir, "kenapa gak dijadikan sesuatu yang permanen?"

Akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan catatan rasa syukur (gratitude journal) saya di sebuah blog. Gratitude Journal ini saya buat untuk membantu saya menjadi teladan dalam mengajarkan Jova untuk bersyukur, menghargai apa yang dimiliki, dan berterima kasih kepada Tuhan dan orang lain. Salah satu kunci penting dalam mendidik anak adalah pemahaman bahwa instruksi saja tidak cukup, tapi harus dicontohkan dalam teladan perbuatan setiap hari. Pada akhirnya, anak-anak akan meniru apa yang mereka lihat dan dengar.




No comments:

Post a Comment