Friday, October 24, 2014

Seri Pendidikan Karakter: Hantar Makanan ke Tetangga Yuk!!

Sejak September 2014 ini Jova sudah mulai bersekolah di pre-school kelompok usia 3 tahun yang berlokasi tidak jauh dari rumah. Kenapa saya memilih sekolah ini? Karena sekolah ini menekankan pendidikan karakter sejak dini, sesuatu yang saya dan suami yakini.

Bulan Oktober ini tema pendidikan karakter di sekolah Jova adalah kindness. Jadi, supaya ada kesinambungan antara pendidikan di rumah dan di sekolah, maka saya juga mencoba membuat proyek yang dapat mendukung proses pembelajaran ini.

Setelah saya saya pikir-pikir proyek apa yang paling cocok yang bisa mendukung tema ini? Akhirnya saya putuskan untuk sama-sama membuat kue dan menghantarkannya untuk beberapa tetangga di kompleks apartment kami.

Hobi baru: memakai kaca mata hitam di mana pun dan kapan pun :)


Setelah selesai membuat banana bread dan carrot cake, kami sama-sama menghantarkannya ke tetangga yang kami kenal baik. Jova sumringah sekali setiap kali tetangga yang menerima berterima kasih dan terlihat senang.

Melalui proyek ini saya ingin Jova belajar:

  • Kreatif: Perbuatan baik tidak harus rumit, gunakan bahan yang ada di rumah dan ciptakan sesuatu yang bermanfaat.
  • Berbuat baik bagi sesama (kindness): Berbuat baik itu tidak otomatis, tapi harus dilatih sedini mungkin. Jika kita membuat orang lain bahagia, ternyata kita juga jadi bahagia.
  • Keterampilan interpersonal: Tindakan mengantarkan makanan, memaksa Jova untuk berinteraksi dengan orang dewasa yang menjadi tetangga kami.
  • Memasak: Saya ingin Jova terampil dan cekatan di dapur. Yup, walaupun Jova adalah seorang laki-laki.
  • Berhitung: Kami sama-sama berhitung berapa takaran yang digunakan ketika membuat adonan kue.

Yes! Satu proyek selesai. Saya jadi tidak sabar memulai proyek berikutnya, semoga Jova juga sama tidak sabarnya :)


No comments:

Post a Comment