Sunday, February 16, 2014

Tips Cara Memilih Buku Parenting

Dulu, ketika orang bertanya buku parenting apa yang dapat saya sarankan, saya akan langsung merespon dengan beberapa judul buku dan penulis. Dilengkapi dengan beberapa pujian tentang buku-buku yang saya rekomendasikan tersebut.

Hasilnya? Biasanya mereka akan membaca lalu tidak mempraktikkan apa yang mereka baca dengan berbagai alasa, seperti "bukunya gak bagus," "aku gak cocok," atau "aku tau sih itu bagus tapi akunya yang males."


Akhirnya, jika ada yang bertanya mengenai buku parenting apa yang saya rekomendasikan, maka saya putuskan untuk menjelaskan proses memilihnya daripada langsung memberikan judul buku atau penulis tertentu.

Dalam memilih buku parenting, sebaiknya orangtua menetapkan terlebih dahulu cetak biru / panduan dalam memilih:
1. Tuliskan apa tujuan Anda dalam berkeluarga (seperti yang saya tulis di sini).
2. Ketahui apa yang menjadi nilai dan pandangan (worldview) hidup Anda.
3. Tetapkan apa sumber otoritas utama dalam hidup Anda yang Anda jadikan panduan dalam menetapkan benar dan salah.
4. Bayangkan karakter yang Anda ingin anak Anda miliki ketika ia dewasa kelak.

Keempat hal di atas merupakan poin minimal yang dapat menjadi panduan, namun orangtua dapat menambahkan poin penting lainnya jika diiinginkan. Ada banyak sekali buku parenting yang beredar tapi tidak semuanya dapat memenuhi kriteria yang Anda tuliskan dalam cetak biru Anda.

Setelah menuliskan cetak biru, maka langkah selanjutnya adalah,sebagai berikut:
1. Riset berbagai buku parenting yang ada di pasaran.
2. Petakan buku-buku tersebut berdasarkan mahzab pemikirannya (bisa dibaca pada tulisan saya di sini mengenai bagaimana saya mengkategorikan buku parenting yang beredar).
3. Pelajari sejarah masing-masing mahzab pemikiran yang ada.
4. Teliti Latar belakang dan pandangan hidup penulis buku yang dipilih.
5. Bandingkan dengan teliti apakah buku yang Anda pilih sesuai dengan cetak biru yang telah Anda tuliskan sebelumnya.

Sepertinya memang memilih buku parenting merupakan tugas yang tidak mudah karena cukup memakan waktu dan energi. Tetapi saya yakin, investasi waktu dan energi yang saya berikan dalam meriset dan memilih buku parenting yang sesuai merupakan salah satu investasi terbaik dalam hidup saya.


No comments:

Post a Comment