Wednesday, October 28, 2015

Pentingnya Struktur

Aduh kenapa rewel terusss sihh...!!!


Hiks, I feel you moms...

Sebagai seorang ibu pertama kali yang tinggal jauh dari orangtua, saya merasa sepertinya harus mencari tahu segala sesuatu tentang parenting seorang diri. Jadi, saya bisa mengerti kebingungan orangtua-orangtua pemula waktu anak-anaknya cranky terus. Tentu ada banyak sebab kenapa anak rewel, tapi salah satu sebab utama adalah tidak adanya struktur di hari anak.

Saya beruntung, meski jauh dari keluarga tapi memiliki beberapa keluarga di Davis dapat saya tanyai mengenai pendidikan anak. Biasanya untuk memilih keluarga mana yang saya jadikan panutan adalah dengan memperhatikan perilaku anak-anaknya serta interaksi antara suami dan istri. Setelah berinteraksi dengan keluarga tersebut beberapa lama, saya mulai bertanya buku apa saja yang mereka baca untuk mendidik anak.  Tentu, saya tidak telan mentah-mentah setiap buku yang disarankan karena saya harus periksa dengan menggunakan metode memilih buku yang pernah saya tuliskan di sini.

Nah, salah satu nasihat  paling berharga yang paling berharga dari salah satu keluarga panutan saya adalah untuk menstruktur hari anak. Apa sih manfaat dari membuat struktur / jadwal teratur bagi anak?

1. Anak memiliki ritme tubuh dan hidup yang teratur
Ketika Jova baru lahir, kondisi saya cukup kritis dan harus dioperasi sebanyak 5 kali dalam setahun pertama. Jadi, nasihat untuk menstruktur hari Jova adalah salah satu nasihat paling berharga. Hal pertama yang harus dilakukan ketika masih bayi adalah mengatur  pola makan. Polanya adalah sebagai berikut: Makan (minum susu) --> aktivitas --> tidur. Sebisa mungkin jangan biarkan bayi makan untuk kemudian tidur, kecuali di waktu malam (night feeding) karena akan menciptakan ketergantungan: Baru bisa tidur setelah nyusu! Hal ini juga akan membantu bayi membedakan antara siang dan malam serta membantu dia untuk dapat tidur dengan baik tanpa ketergantungan, baik itu makanan maupun alat bantu lainnya. Hasilnya akan membentuk suatu siklus yang baik di mana setelah anak tidur dengan baik, maka dia akan bangun ceria dan aktif, kemudian juga dapat kembali tidur dengan baik di jam seharusnya. Semakin anak bertumbuh, maka rutinitas disesuaikan dengan usianya.

Jadwal saya dan Jova ketika dia berumur 3 thn yang selalu tertempel di kulkas

 2. Anak memiliki rasa aman karena memiliki rasa kepastian (sense of predictability)
Anak-anak dapat bertumbuh dengan baik jika dunia di sekitarnya dapat memberikan rasa aman dan pasti. Ada beberapa hal yang dapat membantu menciptakan rasa aman dan kepastian ini:
- Hubungan suami istri yang kuat dan saling mengasihi; sehingga anak dapat selalu yakin apapun yang terjadi, papa dan mamanya akan selalu bersama sampai maut memisahkan. Bagaimanapun juga, bagi anak, orangtua adalah dunia mereka.
- Kebutuhan emosional, spiritual dan fisik yang terpenuhi; sehingga anak tidak perlu menghabiskan energi untuk khawatir dan memikirkan apakah besok bisa makan atau apakah papa dan mama sayang sama saya.
- Rutinitas yang teratur dan dapat diandalkan; sehingga anak dapat memiliki rasa pasti bagaimana menjalani harinya. Nah, di sini lah pentingnya struktur.

3. Keluarga lebih bahagia
Poin ini dapat menjelaskan dirinya sendiri. Struktur membuka jalan bagi keteraturan karena setiap anggota keluarga dapat mengetahui apa yang harus dilakuka dan kapan harus dilakukan. Membuat struktur menjadikan orangtua sebagai orangtua yang proaktif, bukannya reaktif.

4. Keluarga dapat menjadi berkat dan panutan bagi keluarga lain
Keluarga yang memiliki hidup yang terstruktur, memiliki keteraturan, dan harmonis tentunya akan menjadi etalase yang menarik bagi keluarga lain yang kehidupannya kacau dan tidak terstruktur.  Dulu saya yang berasal dari keluarga tanpa struktur dan penuh bentakan, merasa sangat heran melihat keluarga yang teratur, harmonis serta memiliki anak-anak yang melakukan kewajibannya tanpa harus diteriaki dan diancam.

Ada nasihat bijak yang mengatakan: struktur diciptakan untuk manusia, bukan manusia untuk struktur :) Jadi, meskipun memiliki jadwal / struktur, orangtua tetap harus fleksibel dalam menerapkannya. Perlu diingat, struktur bukan diciptakan sebagai target yang harus dipenuhi melainkan sebagai alat bantu untuk memudahkan hidup.


Selamat menstruktur hari Anda ! :)

No comments:

Post a Comment